HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DENGAN TEMAN PADA ANAK ADHD

Awasi Permainan
Jika ada teman si anak datang ke rumah untuk bermain, anda harus menentukan berapa lama mereka bisa bermain dan
cari tahu berapa lama temannya itu akan berada di rumah anda lalu rencanakan aktivitas apa yang akan mereka
lakukan. Jika sebuah aktivitas tidak berjalan dengan baik, ganti dengan yang lain. Lebih baik anda selalu bersama
dengan mereka, kalau bisa ikut serta dalam aktivitas mereka. Lebih baik tiga orang teman karena kalau yang datang dua
orang, mereka jadi berpasangan dan anak anda tidak ada pasangannya. Kalau ada lebih dari empat, akan
membingungkan.
Anjurkan mereka untuk bertingkah laku baik dan beri pujian kalau mereka berkelakuan baik. Ingat, akan membuat anak
anda malu kalau anda memarahi dia di depan temannya. Jika si anak berkelakuan buruk, cari cara ungtuk memperingati
dia. ìTime-outî (periode diam) akan sangat efektif karena si anak biasanya tidak mau ditempatkan sendirian karena
sedang ada teman di rumah.
Ajarkan Kemampuan yang Belum Dikenal
Beberapa anak dengan ADHD tidak tahu bagaimana caranya menyapa seseorang atau tetap melakukan kontak mata
kalau sedang berbicara dengan seseorang. Ada juga yang suka interupsi dan tidak tahu bagaimana memusatkan
perhatian. Akan sangat berguna kalau kita mengajarkan kemampuan ini. Pertama-tama jelaskan kemampuan apa yang
akan diajarkan, gunakan bahasa yang sederhana dan pastikan si anak mengerti. Lalu uraikan caranya. Saat yang paling
baik untuk mengajarkan adalah ketika si anak menunjukkan kelakuan yang tidak diinginkan.
Kita harus merasa yakin bahwa si anak telah mengerti kemampuan yang baru kita ajarkan karena mungkin ini
merupakan sesuatu yang baru bagi dia. Jika si anak tidak ëmenangkapí atau tidak percaya, ada baiknya si anak diambil
gambarnya ketika melakukan yang tidak baik dengan kamera video, lalu kita tunjukkan bagaimana seharusnya. Ini harus
dilakukan beberapa kali, lalu simulasikan dengan si anak. Ketika si anak sudah tahu dan bisa melakukan dengan baik,
berikan semacam tugas untuk melakukannya di dunia nyata. Biarkan dia keluar untuk mempraktikkan lalu melaporkan
hasilnya pada anda. Bicarakan apakah yang telah dikerjakan berhasil atau gagal, kalau berhasil beri dia pujian, dan
ketidak berhasilan si anak sebaiknya dibicarakan nanti, dengan menambahkan bagaimana caranya menghindari ketidak
berhasilan.
Kelompok yang telah disiapkan sebelumnya untuk ditemui anak di luar rumah, merupakan cara yang baik untuk
mempraktikkan kemampuan baru si anak dan juga untuk berteman. Anda terlebih dahulu menemui mereka, lalu panggil
si anak untuk bergabung. Anda harus yakin bahwa kelompok ini akan cocok dengan anak anda dan apa yang akan
dikerjakan dengan kelompok juga cocok dengan keinginan anak anda. Bicarakan dengn seorang instruktur mengenai
kegemaran-kegemaran anak anda dan jangan lupa menanyakan apa yang akan dilakukan si instruktur.
Kelompok pramuka akan sangat bermanfaat jika penggalangnya mengerti akan apa yang dibutuhkan anak anda.
Kelompok olahraga akan sulit diikuti anak dengan ADHD karena dia akan susah mengikuti peraturan atau
berkonsentrasi. Namun banyak anak dengan ADHD bisa menjadi anggota kesebelasan sepak bola dan olahraga lain
seperti tennis, berenang atau atletik. Pilihan lain adalah oleh raga bela diri karena adanya penekanan pada kontrol diri
dan disiplin.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DI SEKOLAH PADA ANAK ADHD

Ruang Kelas
Ruang kelas yang terbaik bagi anak dengan ADHD adalah adanya penempatan peraturan dan jadual sekolah yang
mudah dilihat dan dibaca. Aktivitas sekolah sebaiknya merangsang minat anak ñ pekerjaan sekolah mungkin sukar,
tetapi diimbangi dengan praktik yang menyenangkan, misalmya penggunaan komputer, pekerjaan laboratorium dsb.
Tetapi jika lingkungannya terlalu merangsang minat anak, si anak akan sulit berkonsentrasi. Hindari menempati si anak
di dekat jendela, pintu terbuka atau gambar / lukisan yang warnanya cerah karena akan merusak konsentrasi anak.
Tempatkan si anak dekat meja guru agar guru bisa mengawasi dan membantu. Tetapi jangan sampai si guru sering
didatangi murid lain karena inipun bisa mengganggu, karena anak anda akan mengalihkan perhatiannya kepada apa
yang didiskusikan temannya dengan guru. Jangan tempatkan anak anda di sudut kelas atau jauh dari pantauana guru.
Tanpa perhatian guru si anak akan dengan mudah beralih dan sibuk dengan pikirannya sendiri dan hanya melamun.
Guru
Penting sekali untuk menjalin hubungan yang baik dengan guru karena mereka merupakan narasumber anak anda
dalam mencari pengalaman di sekolah. Ada baiknya anda menemui guru sebelum sekolah dimulai ñ untuk memastikan
bahwa si guru mengetahui tentang ADHD. Siapkan bahan pembicaraan yang efektif, misalnya tentang ruang kelas, lalu
nyatakan juga hal-hal apa yang dapat membuat anak anda bekerja baik, peralatan dan cara apa yang dapat digunakan.
Juga beritahu si guru bahwa anda bersedia menolong.
Komunikasi rumah ñ sekolah sangat diperlukan. Komunikasi ini bisa berbentuk nota pendek, kartu pencapaian
pengerjaan tugas, atau gambar wajah sederhana yang melukiskan keadaan gembira atau sedih dengan catatan apa
yang telah dilakukan .

Mengubah Tingkah Laku Pengidap ADHD

Ada tiga langkah untuk mengubah tingkah laku:
1) Uraikan permasalahan dengan cara positif dan Cara yang jitu disini adalah: jangan menyebutkan persoalannya, tetapi
katakan apa yang kita inginkan. Berikan contoh kelakuan yang diinginkan, bertindaklah secara khusus. Misalnya, jangan menghentikan si anak kalau dia sedang gelisah, sebaliknya minta dia duduk dan alihkan perhatiannya untuk membantu
dia mengatasi kegelisahannya. Jangan memperbaiki tetapi fokuskan si anak akan apa yang seharusnya dilakukan,
misalnya jika peralatan sekolah diletakkan sembarangan, bantu dia mengingat dimana seharusnya menempatkan
perlengkapan sekolah tersebut lalu minta si anak melakukannya.
2) Tentukan tujuan yang dapat dicapai ñ Ketika anda menguraikan permasalahan dengan cara yang positif, sebenarnya
anda telah menentukan tujuan yang dapat dicapai. Namun jika hal ini kita katakan akan terlalu berlebihan bagi si anak.
Tujuan yang ingin dicapai dapat dibagi menjadi tujuan-tujuan ëkecilí. Misalnya jika kita ingin si anak duduk di meja makan,
mulailah dengan duduk selama 5 menit, lalu 6, 7, 8ÖJika kita ingin anak meletakkan perlengkapan sekolah di tempat yang
sudah disediakan, mulailah dengan meletakkan kotak makanan, lalu mempersiapkan tas sekolah sebelum tidur, lalu
sediakan tempat untuk meletakkan pekerjaan rumah, akhirnya merapikan meja tulisnya. Sebuah ìKartu Waktuî
merupakan salah satu cara agar si anak melakukan tugasnya dengan benar dan baik.

Mengevaluasi Pengobatan

Pada saat menyesuaikan diri dengan pengobatan, sebaiknya sediakan semacam formulir isian untuk mengevaluasi
setiap perubahan dalam pengobatan sambil melihat pengobatan yang mana yang hasilnya lebih baik. Isilah formulir isian
tersebut (seperti yang terdapat di halaman 4) setiap hari. Sangat menolong jika ada seseorang lain yang mengisi formulir
itu. Dari beberapa penelitian, lebih mudah mengetahui pengobatan apa dan besarnya dengan menggunakan formulir
isian ini. Kejelasan, tatanan kehidupan dan kemungkinan hasil pengobatan banyak membantu penderita ADHD untuk
hidup dengan normal. Bagian berikut ini memberikan saran-saran yang dapat membuat suasana dan lingkungan anak
anda lebih stabil.
Tingkatkan Kejelasan
Tentukan aturan-aturan, konsekuensi, dan imbalan . Seringkali, anak dengan ADHD sepertinya selalu mendapatkan
kesulitan. Meskipun anda telah menentukan aturan-aturan, mereka seringkali melanggarnya dan seperti keheranan
ketika diberi hukuman. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda membicarakan aturan-aturannya dengan anak anda.
Lalu tuliskan aturan-aturan tersebut dan pastikan anak anda mengerti tentang peraturan-peraturan itu. Misalnya, anda
menuliskan: jagalah kebersihan, tetapi anak anda tidak mengerti sebelum anda menjelaskan apa arti kebersihan.
Kamarmu harus dibersihkan setiap minggu, mainan dibereskan sebelum tidur, harus mandi setiap hariî. Peraturanperaturan
ini mempunyai arti yang berbeda yang tidak dapat diinterpretasikan secara berbeda.
Tuliskan peraturan-peraturan tersebut disertai dengan konsekuensinya kalau dilanggar juga hadiahnya kalau dipatuhi.
Gambar atau symbol dapat dipergunakan untuk anak-anak yang masih kecil. Letakkan tulisan atau gambar tersebut di
tempat yang mudah dilihat. Sebaliknya si anakpun dapat membuat peraturan-peraturan bagi orang tuanya.
Bantu si anak memahami tugasnya . Anak dengan ADHD seringkali menemui kesulitan dalam menyelesaikan suatu
tugas. Contohnya: tugas yang diberikan adalah membersihkan semua keranjang sampah yang ada di dalam rumah. Dia
membuang sampah yang di dapur saja dan lupa membuang yang di kamar mandi. Sebaiknya dibuatkan semacam daftar
mengenai apa saja yang harus dikerjakan. Untuk anak yang belum bisa membaca gunakan gambar atau symbol.
Daftar semacam ini dapat dipakai untuk segala macam tugas, misalnya membersihkan kamar, memberi makan binatang
peliharaan, atau mencuci piring. Daftar ini dapat juga digunakan untuk mengingatkan anak mengenai kegiatan rutin
sehari-hari.
Tingkatkan Tatanan
Tempatkan segala sesuatu pada tempatnya ñ buat segala sesuatu lebih teratur misalnya mainan anak yang berceceran
karena terburu-buru berangkat ke sekolah sediakan tempat untuk meletakannya. Sediakan kotak-kotak dengan gambar
mainan. Setelah bermain, pastikan si anak menaruh mainannya di tempat yang telah disediakan. Kotak-kotak bergambar
merupakan ëpengingatí yang baik. Untuk rutinitas dipagi hari, sediakan tempat untuk bekal makan siang, uang jajan dan
tas di dekat pintu. Waktu si anak pulang sekolah, dia harus meletakkan barang-barangnya di tempat yang sama. Isi tas
disiapkan malam sebelumnya ñ pekerjaan rumah dan buku-buku yang diperlukan sudah siap sebelum tidur. Hal ini
dapat membantu si anak mengurangi kesibukan di pagi hari dan juga barang-barang tidak tercecer di dalam rumah.
Gunakan beker atau sinyal waktu ñ Anak dengan ADHD seringkali tidak memperhatikan waktu. Mereka tidak
mempunyai konsep waktu, karena itu mereka mungkin akan lupa dengan tugas yang diberikan. Lebih parah lagi mereka
merasa terganggu dengan waktu.
Beker atau sinyal waktu bisa menolong mereka mengatasi hal ini. Misalnya si anak hanya punya 15 menit untuk
sarapan, gunakan jam dapur dan minta si anak meperhatikan kapan jarum jam menunjuk angka nol. Begitu juga untuk
tugas yang diberikan, misalnya memberi makan anjing pada jam 7 malam, aturlah beker dan minta si anak
memperhatikan pada waktu beker berbunyi, anjing harus diberi makan.
Tingkatkan Kewaspadaan Akan Berbagai Kemungkinan
Jadual harian dapat merupakan hal yang pasti. Dengan mengikuti jadual si anak merasa lebih mudah mengingat apa
yang harus dikerjakan.Kegiatan sehari-hari seperti bersiap untuk ke sekolah, kegiatan pramuka atau olahraga, juga
untuk kegiatan yang tidak rutin seperti berkunjung ke rumah nenek. Sebaiknya jadual ditulis dan diletakkan di tempat
dimana semua anggota keluarga dapat membacanya. Namun, anak dengan ADHD akan sangat bergantung pada
jadual, karena itu ada baiknya kita mengingatkan mereka akan kemungkinan yang ada diluar jadual. Ingatkan si anak
beberapa hari sebelumnya dan pada hari dimana aktivitas dalam jadual seharusnya dilakukan.
Hindari suara atau bunyi-bunyian - Ketika si anak sudah akan memulai suatu aktivitas, dia akan mudah sekali teralih
perhatiannya karena bunyi pesawat yang kebetulan lewat, gonggongan anjing, suara orang bercakap-cakap diruang lain,
atau gambar yang tergantung di dinding. Kita ingin si anak bekerja sebaik-baiknya, karena itu hindari menempatkan
mereka di depan jendela atau ruang dimana banyak kegiatan di dalam rumah. Carilah tempat yang tenang, tetapi
pastikan si anak benar-benar melakukan semua proses tugasnya, bisa saja si anak mempunyai pilihan lain dalam
melaksanakan tugasnya yang kadang-kadang tidak terfikirkan oleh kita. Mungkin saja mereka melakukan tugasnya
dengan baik sambil berbaring atau berdiri di samping meja. Mungkin juga mereka minta diputarkan lagu atau
penerangan di ruangan diredupkan sedikit. Yang penting jangan sampai si anak merasa terisolasi dalam sebuah
ruangan. Si anak akan merasa aman berada dengan anda selama dia melaksanakan tugasnya dan andapun dapat
memonitor proses penyelesaian tugas. Dalam hal ini si anak punya pola tingkah laku tersendiri dalam menyelesaikan
tugas yang sebaiknya tidak ëdigangguí. Mungkin saja ada tingkah laku yang dapat menimbulkan persoalan bagi si anak
(dan anda). Berikut ini ada beberapa cara / teknik untuk ëmengubahí tingkah laku pada suatu saat dengan memberikan
pujian pada kelakuan yang baik dan mengabaikan kelakuan yang buruk.

PENGARUH ADHD

Kita tahu bahwa ADHD membawa pengaruh kepada setiap aspek kehidupan anak. Anak-anak yang menderita ADHD
seringkali mendapat kesulitan dalam memahami instruksi, mengingat tugas, bermain dengan baik dengan saudara
sekandung, atau mengingat peraturan-peraturan. Sepertinya mereka selalu berada dalam kesulitan. Mereka sulit untuk
ikut serta dalam aktivitas kelompok atau duduk diam di kelas. Mereka mungkin ëdicapí sebagai anak nakal. Bagi
sebagian anak yang menderita ADHD, sangat sulit berteman.
Problem diatas menjadikan mereka anak yang kesepian dan sulit dimengerti dan mereka menjadi lebih nakal karenanya.
Bagaimana mereka dapat menyelesaikan sekolah jika sulit memusatkan perhatian? Tanpa penyesuaian diri dalam
bersosialisasi secara benar, mereka akan mendapat kesulitan dalam mencari teman pada masa mereka dewasa, ketika
ësaluran bersosialisasií menjadi penting dalam kehidupan.
Beberapa bukti-bukti menunjukkan bahwa orang yang menderita ADHD juga mengalami kesulitan belajar, selalu
menentang dan berkelakuan menyimpang.
Kondisi-kondisi seperti ini membuat mereka mengalami kesulitan dalam bergaul. Periksakan anak anda pada seorang
ahli untuk mengetahui apakah dia juga mengalami kondisi ini.
Pengaruhnya Pada Anda
Mungkin anda tidak sadar akan pengaruhnya pada anda dalam menghadapi anak dengan ADHD. Mengurus anak
dengan ADHD merupakan pekerjaan penuh waktu. Kelihatannya seperti tidak ada yang dikerjakan hanya ëmengejarí si
anak, membereskan segala sesuatu yang dilakukannya. Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri untuk ngobrol dengan
teman, mendengarkan musik, nonton film, makan malam di luar, menyegarkan diri, membaca, berolah raga,
sembahyang atau melakukan meditasi. Dibawah ini ada tempat kosong untuk anda isi dengan kegiatan-kegiatan yang
anda sukai. Lakukan suatu aktivitas kegemaran anda sedikitnya satu kali sehari atau pada saat anda merasa butuh
melakukannya ñ anda akan merasa sedikit lega.
Pengusir S T R E S S
Kerjakan Satu Kegiatan Kegemaran Anda Setiap Hari!!!
Setelah mengetahui bagaimana ADHD membawa pengaruh pada anda dan anak anda, penanganan yang efektif
menjadi penting. Tidak ada penyembuhan ADHD, tetapi ada tiga cara mengurangi gejalanya ñ dengan obat, perubahan
tingkah laku dan lingkungan sekitar. Ketiga cara / metode ini dapat menolong. Kadang-kadang hanya menggunakan satu
metode saja tidak cukup. Gabungan ketiga metode akan memberikan hasil yang lebih baik. Mungkin anda melihat iklan
pengobatan ADHD ñ hati-hati, karena ìpengobatanî yang diiklankan itu belum terbukti ëkemanjurannyaí dan kebanyakan
mahal. Jika anda berencana untuk mencoba pengobatan baru, lebih baik dibicarakan dahulu dengan dokter atau terapis
anda.
_______________________________________________

Yakinkan Diri Anda !!!

Apabila anda mengetahui seorang anak didiagnosa menderita ADHD, pertama kali anda harus yakin bahwa memang dia
menderita ADHD. Dibawah ini ada tabel yang dapat dipergunakan untuk meyakinkan anda. Lebih banyak kolom "Agak
Sering" dan "Sangat Sering" diisi, lebih meyakinkan kita bahwa si anak memang menderita ADHD.
Pilihlah pernyataan dibawah ini : Sama sekali tidak, Sedikit Agak Sering, Sangat Sering
Selalu gelisah, terlalu aktif, tidak bisa duduk diamSuasana hati mudah berubah atau sering marah-marahMudah
bingung, gampang menangisPerhatian mudah teralih atau sering melamunSering mengganggu temanTidak bisa
mengingat dan mengikuti peraturanSering kehilangan barang yang diperlukan dalam melaksanakan tugasMudah
merasa gembira Sulit memusatkan perhatikan dalam jangka waktu yang lama
Harap diperhatikan bahwa banyak orang yang bertingkah laku seperti ini, jadi penting sekali memperhatikan si anak
sesering mungkin. Penting juga melihat tingkah laku mereka dalam situasi yang berbeda. Tabel ini dapat dipergunakan
dalam mengobservasi si anak di rumah, di sekolah atau pada waktu waktu yang berlainan dalam sehari.
Kondisi-kondisi Lain yang Mirip Dengan ADHD
Pada saat mengdiagnosa anak dengan ADHD, kita perlu memperhatikan kondisi kondisi lain yang hampir sama dengan
ADHD. Pastikan bahwa anak telah diperiksa kesehatannya oleh dokter sebelum kita mengdiagnosa si anak.
- Alergi, asma, dan problem dengan pernapasan : Kesulitan bernapas dapat mengganggu konsentrasi si anak dan
merupakan salah satu tanda ADHD
- Diabetes / Hypoglycemia : Kondisi ini berhubungan erat dengan kadar gula dalam darah, yang bisa menyebabkan
perubahan perhatian dan aktivitas.
- Problem pada penglihatan dan pendengaran : Ketidak mampuan untuk melihat atau mendengar apa yang sedang
terjadi di dalam kelas dapat menimbulkan persoalan dalam tingkah laku, misalnya
- hiperaktif.
- Anemia karena kekurangan zat besi : dapat menyebabkan problema pada perhatian dan impulsive.
- Keracunan timah : dapat menyebabkan hiperaktif
- Obat yang diminum : jika si anak sedang dalam pengobatan, perhatikan samping dari obat yang diminum
- Problem dengan susunan syaraf : Seseorang yang tiba tiba terserang epilepsi / ayan akan menatap sesuatu selama
jangka waktu tertentu dan tidak dapat meningat apa yang terjadi.
- Problem kejiwaan lain : Kadang kadang gejala stress, perasaan bosan, depresi, atau perasaan kawatir akan mirip
dengan gejala ADHD
- Problem belajar atau problem di sekolah : Jika si anak merasa terlalu dipaksa, frustrasi dengan ketidak mampuan
dalam belajar, atau sedang mencari perhatian , ia akan bertingkah laku seperti penderita ADHD
- Problem dengan tiroid : Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang berdampak pada tidur, emosi dan aktivitas.
Perubahan hormonal seperti ini akan menghasilkan tingkah laku mirip ADHD.

sumber : di sini

Ada tiga tanda utama anak yang menderita ADHD, yaitu:

- Tidak ada perhatian. Ketidak mampuan memusatkan perhatian pada beberapa hal seperti membaca, menyimak
pelajaran, atau melakukan permainan. Seseorang yang menderita ADHD akan mudah sekali teralih perhatiannya karena
bunyi bunyian, gerakan, bau bauan atau pikiran, tetapi dapat memusatkan perhatian dengan baik jika ada yang menarik
minatnya.
- Hiperaktif. Mempunyai terlalu banyak energi. Misalnya berbicara terus menerus, tidak mampu duduk diam, selalu
bergerak, dan sulit tidur
- Impulsif. Bertindak tanpa dipikir, misalnya mengejar bola yang lari ke jalan raya, menabrak pot bunga pada waktu
berlari di ruangan, atau ìberbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu akibatnyaî.
Setiap anak yang seringkali bertindak seperti contoh-contoh diatas selama lebih dari enam bulan berturut-turut,
dibandingkan dengan anak seusianya, dapat didiagnosa menderita ADHD. Gejala ini biasanya muncul sebelum si anak
berusia enam tahun.
Jenis ADHD
ADHD adalah sebuah kondisi yang amat kompleks; gejalanya berbeda-beda. Para ahli mempunyai perbedaan pendapat
mengenai hal ini, akan tetapi mereka menggunakan jenis ADHD berikut ini:
1. Tipe anak yang tidak bisa memusatkan perhatian Mereka sangat mudah terganggu perhatiannya, tetapi tidak
hiperaktif atau Impulsif. Mereka tidak menunjukkan gejala hiperaktif. Tipe ini kebanyakan ada pada anak perempuan.
Mereka seringkali melamun dan dapat digambarkan seperti sedang berada ìdi awang-awangî.
2. Tipe anak yang hiperaktif dan impulsive mereka menunjukkan gejala yang sangat hiperaktif dan impulsif, tetapi tidak
bisa memusatkan perhatian. Tipe ini seringkali ditemukan pada anak- anak kecil.
3. Tipe gabungan mereka sangat mudah terganggu perhatiannya, hiperaktif dan impulsif. Kebanyakan anak anak
termasuk tipe seperti ini.

Problem yang Juga Ditemukan Pada Anak Dengan ADHD
Anak dengan tipe ADHD diatas mungkin juga mempunyai problem dalam memperhatikan instruksi, menyelesaikan
tugas, berhubungan dengan anak lain, atau duduk tenang. Artinya mereka seringkali membuat masalah di rumah,
dijuluki sebagai anak nakal di sekolah, dan diganggu oleh teman-temannya. Keadaan ini seringkali membuat si anak
berpikir bahwa dia tidak baik, yang membuatnya rendah diri dan tidak percaya diri.
Penting sekali untuk membantu anak kita mengatasi problem ADHD ini. Harapan kami buku pegangan ini dapat
merupakan saran akan apa yang seharusnya dilakukan agar anak anda dapat tumbuh menjadi seorang anak yang sehat
dan bahagia.

sumber : di sini

About this blog

Curhatan, Berita, Fenomena, Olahraga, dan lainnya Insya Allah akan ada di sini...
thanks for your visit at this blog dan follow saya juga di sini :)

About Me

My photo
just simple and keep simply

Followers