Gejala ADHD

Beberapa gejala ADHD digambarkan sebagai kekurangan perhatian, kesulitan dalam menjalankan tugas, hiperaktif dan impulsif. Menurut DSM IV (DSM4) Kriteria untuk ADHD.

A. Either (1) or (2) A. Entah (1) atau (2)

(1). (1). 6 (or more) of the following symptoms of inattention have persisted for at least 6 months to a degree that is maladaptive and inconsistent with developmental level: 6 (atau lebih) gejala berikut kekurangan perhatian telah berlangsung selama minimal 6 bulan sampai satu tingkat yang maladaptive dan tidak konsisten dengan tingkat perkembangannya:

Inattention Kekurangan perhatian

(a) often fails to give close attention to details or makes careless mistakes in schoolwork, work, or other activities (a) sering gagal untuk memberi perhatian pada detail atau ceroboh membuat kesalahan di sekolah, bekerja, atau kegiatan lain
(b) often has difficulty sustaining attention in tasks or play activities (b) sering mengalami kesulitan mempertahankan perhatian dalam tugas atau kegiatan bermain
(c) often does not seem to listen when spoken to directly (c) sering tampaknya tidak mendengarkan ketika berbicara secara langsung
(d) often does not follow through on instructions and fails to finish (d) sering tidak menindaklanjuti instruksi dan gagal untuk menyelesaikan
schoolwork, chores, or duties in the workplace (not due to oppositional behaviour or failure to understand instructions) sekolah, tugas, atau tugas-tugas di tempat kerja (bukan karena perilaku oposisi atau kegagalan untuk memahami instruksi)
(e) often has difficulty organising tasks and activities (e) sering mengalami kesulitan mengatur tugas dan kegiatan
(f) often avoids, dislikes, or is reluctant to engage in tasks that require sustained mental effort (such as schoolwork or homework). (f) sering menghindari, tidak menyukai, atau enggan untuk terlibat dalam tugas-tugas yang membutuhkan usaha mental terus-menerus (seperti sekolah atau pekerjaan rumah).
(g) often loses things necessary for tasks or activities (eg toys, school assignments, pencils, books, or tools) (g) sering kehilangan hal-hal yang diperlukan untuk tugas-tugas atau kegiatan (misalnya mainan, tugas sekolah, pensil, buku, atau alat)
(h) is often easily distracted by extraneous stimuli (h) seringkali mudah terganggu oleh rangsangan ekstra
(i) is often forgetful in daily activities (i) sering pelupa dalam kegiatan sehari-hari

(2) 6 (or more) of the following symptoms of hyperactivity-impulsivity have persisted for at least 6 months to a degree that is maladaptive and inconsistent with developmental level (2) 6 (atau lebih) gejala berikut hiperaktif-impulsif telah berlangsung selama minimal 6 bulan sampai satu tingkat yang maladaptive dan tidak konsisten dengan tingkat perkembangan

Hyperactivity Symptoms Gejala hiperaktivitas

(a) often fidgets with hands or feet or squirms in seat (a) sering gelisah dengan tangan atau kaki atau menggeliat di kursi
(b) often leaves seat in classroom or in other situations in which remaining seated is expected (b) sering meninggalkan tempat duduk di kelas atau dalam situasi lain di mana duduk tersisa diharapkan
(c) often runs about or climbs excessively in situations in which it is inappropriate (in adolescents or adults, may be limited to subjective feelings of restlessness) (c) sering berjalan sekitar atau memanjat secara berlebihan dalam situasi yang tidak sepantasnya (pada remaja atau orang dewasa, mungkin terbatas pada perasaan subjektif kegelisahan)
(d) often has difficulty playing or engaging in leisure activities quietly (d) sering mengalami kesulitan bermain atau terlibat dalam kegiatan di waktu luang diam-diam
(e) is often "on the go" or often acts as if "driven by a motor" (e) sering "di perjalanan" atau sering bertindak seolah-olah "digerakkan oleh motor"
(f) often talks excessively (f) sering berbicara berlebihan

Impulsivity Symptoms Gejala impulsif

(g) often blurts out answers before questions have been completed (g) sering blurts jawaban-jawaban pertanyaan sebelumnya telah selesai
(h) often has difficulty awaiting turn (h) sering mengalami kesulitan menunggu giliran
(i) often interrupts or intrudes on others (eg butts into conversations or games) (i) sering menyela atau intrudes pada orang lain (misalnya puntung ke dalam percakapan atau permainan)

B. Some hyperactive-impulsive or inattentive symptoms that caused impairment were present before age 7 years. B. Beberapa hiperaktif-impulsif atau lalai gejala yang menyebabkan gangguan hadir sebelum usia 7 tahun.

C. Some impairment from the symptoms is present in two or more settings (eg at school [or work] and at home). C. Beberapa kerusakan dari gejala hadir dalam dua atau lebih pengaturan (misalnya di sekolah [atau bekerja] dan di rumah).

D. There must be clear evidence of clinically significant impairment in social, academic, or occupational functioning. D. harus jelas ada bukti klinis gangguan signifikan dalam kehidupan sosial, akademik, atau pekerjaan berfungsi.

E. The symptoms do not occur exclusively during the course of a Pervasive Developmental Disorder, Schizophrenia, or other Psychotic Disorder and are not better accounted for by another mental disorder (eg Mood Disorder, Anxiety Disorder, Dissociative Disorder, or a Personality Disorder) E. Gejala tidak terjadi secara eksklusif selama sebuah merasuk Developmental Disorder, Schizophrenia, atau Psychotic Disorder lain dan tidak lebih baik dijelaskan oleh gangguan mental lain (misalnya Mood Disorder, Anxiety Disorder, gangguan disosiatif, atau sebuah Personality Disorder)

sumber : www.adhdnews.com/adhd-symptoms.htm

0 comments:

Post a Comment

About this blog

Curhatan, Berita, Fenomena, Olahraga, dan lainnya Insya Allah akan ada di sini...
thanks for your visit at this blog dan follow saya juga di sini :)

About Me

My photo
just simple and keep simply

Followers